Profil Dispora

User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Sejarah Singkat Dinas Kepemudaan dan Olahraga

Urusan Pemuda dan Olahraga sudah diatur dalam peraturan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 03 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara, namun saat itu urusan Pemuda dan Olahraga masih melekat pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga. Pada tanggal 10 Maret 2014, Pj. Gubernur Kalimantan Utara Dr.H.Irianto Lambrie melakukan penyesuaian Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah dengan mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 09 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Provinsi Kalimantan Utara dan seperti Peraturan Gubernur Nomor 03 Tahun 2013 urusan Pemudaan dan Olahraga masih tetap melekat pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Sebagai implentasi UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada tanggal 03 Oktober 2016 DPRD Kalimantan Utara bersama Gubernur Kalimantan Utara mengeluarkan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 05 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Utara dimana urusan Kepemudaan dan Olahraga tidak lagi menjadi satu Dinas dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sehingga berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 21 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Dinas Kepemudaan dan Olahraga berdiri sendiri menjadi OPD tipe A dan di sahkan pada tanggal 12 Januari 2017 bersamaan dengan pelantikan Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dengan Kepala Dinas Pertama Bapak Haermuddin, SH, M.AP.

Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Utara Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Dinas Pemuda dan Olahraga, Provinsi Kalimantan Utara merupakan SKPD teknis yang membawahi urusan Kepemudaan danKeolahragaan di Provinsi Kalimantan Utara, dengan beberapa stake holder sebagai mitra kerja sama dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kalimantan Utara melalui pengembangan kepemudaan dan peningkatan prestasi keolahragaan yang berpedoman pada peraturan dan undang–undang yang berlaku.

Adapun Fungsi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara sebagai berikut:

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang Pemuda dan Olahraga sesuai dengan rencana strategis yang ditetapkan Pemerintah Daerah.
  2. Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian kebijakan teknis dibidang Pemuda dan Olahraga.
  3. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian kebijakan teknis pengembangan Keolahragaan.
  4. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian kebijakan teknis pengembangan Kepemudaan.
  5. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian kebijakan teknis pengembangan Kewirausahaan Pemuda dan Industri Olahraga.

© 2024 Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, by DISPORA