Berita

Persaingan Ketat Dua Klub di O2SN

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk cabang olahraga renang di tingkat Kota Tarakan rampung dilaksanakan kemarin. Empat nama atlet putra dan putri sudah masuk dalam catatan yang akan mewakili Kota Tarakan di tingkat provinsi yang rencananya akan dilaksanakan pada Juli mendatang di Tarakan.

Pelaksanaan seleksi ini terbilang ketat sebab beberapa atlet dari dua klub ternama yakni Tirta Sakti Swiming Club dan Yus Swimming Club memiliki masing-masing perwakilan baik tingkat SD dan SMP.
Ada empat kelas tanding yang dipertandingkan dalam seleksi ini, yakni gaya bebas 50 meter, gaya kupu-kupu 50 meter, gaya punggung 50 meter dan gaya dada 50 meter.

Dari hasil seleksi tersebut, sudah terpilih figur yang akan berlaga di tingkat provinsi, salah satunya adik kandung peraih dua emas PON Jawa Barat Angel Gabriella Yus, yakni Sefanya, dari SMPN 2,  yang menjadi satu-satunya atlet putri tingkat SMP yang lolos di putaran tingkat Kota Tarakan bersama satu rekan putranya, Nouval dari SMPN 1. keduanya diketahui berasal dari klub yang sama, Yus Smimming Club. 
Dalam kejuaraan kali ini, Sefanya menjelaskan untuk limit yang diperolehnya kali ini lebih baik dari waktu ia masih duduk di bangku SD. Dirinya pun menargetkan bakal meningkatkan limit waktu. "Intinya bisa lebih baik lagi karena target bisa mewakili Kaltara di tingkat nasional agar bisa mengalahkan rekor kakak saya," bebernya usai tanding pagi kemarin (7/5).

Jelang melanjutkan laga di putaran provinsi, pelatih Yus Swimming Club Mansur mengatakan, porsi latihan akan ditambah. Di sisi lain atlet tingkat SD cilik potensial milik Kota Tarakan yakni Samuel Maxson dari SD Indo Tionghoa, yang merupakan binaan klub Tirta Sakti dan atlet putri, Aurel, yang juga binaan Tirta Sakti yang juga akan mewakili Tarakan di O2SN tingkat provinsi, bakal digembleng mulai dari fisik hingga tekniknya oleh sang pelatih, Puji Patmono. "Sementara untuk pemusatan latihan kami masih menunggu dinas terkait untuk hal ini, setelah itu barulah program latihan akan kami terapkan apakah porsi latihan akan ditambah atau tidak karena dua atlet ini terbilang berpeluang di provinsi maupun tingkat nasional,"kata pelatih yang kerap disapa Pakde ini kepada media ini.
Rampungkan Cabor Atletik

Sementara itu, cabang olahraga atletik kemarin juga melaksanakan seleksi untuk mendapatkan siswa dan atlet terbaik untuk melaju ke putaran tingkat Provinsi Kaltara. Dikatakan Sekertaris Pelaksana O2SN tingkat SMP dan SD tingkat Tarakan Moh. Ahyar, untuk tingkat SMP di cabor atletik ini memperlombakan tiga nomor yakni lompat jauh, tolak peluru, dan lari 100 meter untuk putra dan putri. sedangkan di tingkat SD ada 4 nomor tanding, yakni lempar torpedo, lari formula, lompat katak, dan lari 100 meter. “Untuk hasilnya akan kita lihat dari yang terbaik karena satu orang atlet wajib menguasai beberapa nomor tanding ini, baik dari putra maupun putri," jelasnya kepada Radar Tarakan, saat meninjau pelaksanaan seleksi di Stadion Datu Adil kemarin.
Sebanyak 49 sekolah tingkat SD ikut dalam penyelesian ini, sedangkan tingkat SMP kurang lebih 12 sekolah. "Sementara ini kami masih menunggu laporan dari masing-masing wasit terkait dengan pelaksanaan,” tuturnya.
Selain pelaksanaan seleksi ini, dalam rangkaian O2SN juga dibarengi dengan kegiatan seni. Untuk penutupan seluruh rangkaian O2SN bakal dilaksanakan pada Rabu besok sekaligus pengumuman nama-nama yang akan mewakili Kota Tarakan di putaran tingkat provinsi. 


Accordion Menu

Newsletter Subscribe

© 2019 Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, by DISPORA