Berita

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Tanjung Selor, 12 Desember 2023 - Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, mendorong lebih banyak pemuda dan pemudi Kalimantan Utara untuk masuk Akademi Militer (Akmil) dan Akademi Kepolisian (Akpol).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Paliwang saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman antara Komandan Komando Resort Militer (Korem) 092/Maharajalila yang diwakili oleh Kepala Staf Resort Militer 092/Maharajalila Kolonel Inf. Utten Simbolon,dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Utara, yang diwakili oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kombes Pol Yusup Rahmanto, pada hari ini, Selasa (12/7).

"Harapan kami dari Pemprov Kaltara agar lebih banyak para pemuda pemudi dari Kaltara bisa diterima di Akmil maupun Akpol," ujar Gubernur yang merupakan Purnawirawan Polri.

Bapak Gubernur mengatakan, pada zamannya, tidak ada program pembinaan dan pelatihan bagi calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol. "Sekarang ini sudah sangat baik, karena pada jaman saya, tidak ada yang melatih, tidak ada yang mengarahkan, tidak ada yang membina. Sekarang ini dengan dilakukanya program pembinaan dan pelatihan calon taruna/taruni akpol dan akmil kita harapkan bisa mendapatkan nilai yang sangat baik pada saat test," kata Gubernur.

Gubernur Kalimantan Utara juga berharap, program pembinaan dan pelatihan calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol dapat memberikan bekal yang cukup bagi para peserta untuk menghadapi seleksi masuk Akmil dan Akpol.

"Saya berharap, para peserta dapat mengikuti program ini dengan baik dan sungguh-sungguh, sehingga dapat lulus dan diterima menjadi Taruna/Taruni Akmil dan Akpol," tutup Gubernur Paliwang.

Kegiatan program pembinaan dan pelatihan calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol merupakan program kerja dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, Obed Daniel L.T., S.Hut., M.M., mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali putra putri Kalimantan Utara agar lebih siap saat mengikuti test masuk sesungguhnya, baik di Akpol maupun Akmil.

"Program ini akan memberikan materi-materi yang dibutuhkan oleh para peserta, seperti materi akademik, fisik, dan mental. Kami berharap, dengan mengikuti program ini, para peserta dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di Akmil dan Akpol," kata Kadispora saat meninjau langsung saat Bimbingan Test Psikologi bagi calon Prajurit Akademi Militer

Obed Daniel menambahkan, program ini akan dilanjutkan pada tahun depan. Ia berharap, program ini dapat terus memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas Pemuda dan Pemudi Kalimantan Utara.

Progres Program Pembinaan dan Pelatihan Calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol di Kaltara

Berdasarkan resume program pembinaan dan pelatihan calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol di Kalimantan Utara, hingga saat ini (12/7) persentase kegiatan telah mencapai 50%.

Untuk calon Taruna/Taruni Akpol, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pembinaan dan latihan kesamaptaan jasmani, pembinaan dan latihan psikologi, serta pemeriksaan kesehatan 1 dan 2.

Sedangkan untuk calon Prajurit Akmil, kegiatan yang telah dilaksanakan adalah pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan 1, pemeriksaan postur tubuh, bimbingan psikologi dan akademik, tes tulis dan wawancara mental ideologi, serta bimbingan psikologi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Calon Taruna/Taruni Akpol: Pembinaan akademik
  • Calon Prajurit Akmil: pemeriksaan dan bimbingan psikologi, pemeriksaan kesehatan 2, uji akademik, dan samapta jasmani

Kesempatan Emas untuk Pemuda dan Pemudi Kaltara

Program pembinaan dan pelatihan calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol ini merupakan kesempatan emas bagi pemuda dan pemudi Kalimantan Utara untuk meraih cita-cita menjadi prajurit TNI atau Taruna/Taruni Polisi.

Dengan mengikuti program ini, para peserta akan mendapatkan bekal yang cukup untuk menghadapi seleksi masuk Akmil dan Akpol. Mulai dari pembinaan kesamaptaan jasmani, pembinaan psikologi, hingga bimbingan akademik.

Oleh karena itu, bagi pemuda dan pemudi Kalimantan Utara yang ingin menjadi prajurit TNI atau polisi, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Ikuti program pembinaan dan pelatihan calon Taruna/Taruni Akmil dan Akpol yang diselenggarakan oleh Pemprov Kaltara.



User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kejuaraan Nasional Panahan (Kejurnas Panahan) tingkat PPLP/D telah selesai dilaksanakan di Kota Tarakan. Kejurnas ini diikuti oleh ratusan atlet panahan pelajar dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Kompetisi Kejurnas Panahan ini merupakan ajang yang sangat bergengsi bagi para atlet muda yang berbakat dalam olahraga panahan. Mereka bersaing dalam beberapa kategori, termasuk individu dan tim. Para peserta telah melalui seleksi di tingkat regional sebelumnya dan berhasil mencapai tingkat nasional.


User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

TANJUNG SELOR – Bertempat Aula RSUD dr. Jusuf SK, Kota Tarakan, Wakil Gubernur (Wagub) Kaltara Yansen TP didampingi Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara Eka Putra Pramono secara resmi melepas 174 orang Kontingen Komite Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (KORMI) Kaltara untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) VII 2023 di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
Tarakan, Pemerintah Provinsi Kalimatan Utara Menggelar Kejuaraan Nasional Pusat Pendidikan Dan Latihan Olahraga Pelajar / Daerah (PPLP/D) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) pada Cabang Olahraga Panahan tahun 2023 di Kota tarakan. (21-25 Mei 2023).

Accordion Menu

Newsletter Subscribe

© 2024 Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara, by DISPORA