Pada Kesempatan Tersebut Gubernur Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum Mengemukakan "ini menjadi bukti bahwa olahraga panahan sudah dapat dinikmati siapa saja dan menjadi langkah awal pembinaan atlet panahan usia dini” di Stadion Datu Adil, Kota Tarakan, Senin (22/5).

"Kejurnas Panahan menjadi ajang membina para atlet. Di mana dari kompetisi ini telah melahirkan atlet panahan berprestasi baik di kancah nasional maupun internasional. “Melalui kejurnas ini, para atlet pelajar terbaik dari PPLP/PPLPD dan SKO se-Indonesia dapat bertanding meniingkatkan pengalaman kualitas tanding, daya saing dan kemampuan,”Tuturnya

Selain itu, Gubernur juga "mengapreasiasi atas ditunjuknya provinsi ke 34 ini menjadi tuan rumah penyelenggara ajang nasional itu. “Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat hingga terselenggaranya acara ini,”katanya.

Untuk diketahui, Kaltara sendiri menerjunkan 5 atlet PPLP panahan. Mereka mendapat perhatian penuh dari Dispora Kaltara untuk bisa menyabet medali emas.

“Dan siap bersaing dengan atlet dari kontingen lainnya. Tetapi nanti dalam kejuaraan ini kami juga menurunkan atlet PPLP/D berjumlah 13 orang total 18 atlet yang kita terjunkan jadi mudah-mudahan atlet kita semua bisa mengambil 37 nomor yang akan di Pertandingkan,” ujarnya.